Pelatihan Digital Marketing 2020
Pelatihan Digital Marketing 2020
Menciptakan Creative Content Marketing Melalui Platform Digital Program Studi Ilmu Manajemen (PSIM) Sekolah Pascasarjana IPB
Pada tanggal 10 – 11 Agustus 2020 Program Studi Ilmu Manajemen (PSIM) IPB mengadakan pelatihan digital marketing. Pelatihan tesebut diisi oleh pemateri dari Gunadarma University, Founder Keizen Room dan Facilitator Google Gapura Digital yaitu Bapak Aidil Wicaksono Juniarto SE, MM. Kegiatan ini terselenggara di bawah payung departemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Studi Ilmu Manajemen (PSIM) Sekolah Pascasarjana IPB bersama Student Center of Management Science (StuComs). Dalam program ini peserta webinar akan mendapatkan benefit penalaman baru, e-sertifikat dan modul pelatihan.
Pada hari pertama (10/08) Bapak Aidil Wicaksono Juniarto SE, MM mengisi webinar dengan materi tentang Creative Content with Digital Platform dimana rangkaiannya terdiri dari Introduction Goals & Purpose, Market Analysis dan Strategy Overview. Bapak Aidil Wicaksono Juniarto SE, MM menjelaskan bahwa goals pada saat menggunakan instagram adalah membangun kepercayaan dengan pelanggan, membangun komunitas, menemukan impian client atau pelanggan, menarik client atau pelanggan impian, memarken produk yang kita jual, membuat penjualan, membantu orang dan membangun brand. What your business does best and what the world needs diantara kedua irisan tersebut maka akan menghasilkan brand purpose. Penjelasan lain terkait purpose: The Golden Circle (Why, How, What), konten apa yang akan dibuat, dan guiding principles.
Market Analysis dibagi menjadi tiga yaitu segmentation, targeting dan positioning. Pada materi ini dibagi kedalam empat penjelasan yaitu audience demographics, top social networking sites, buyer persona, analyzing the competitors. Sedangkan untuk materi Strategy Overview yang dijabarkan: jenis konten, hero content, hub content, hygiene content, kalender, content strategy, platforms yang akan digunakan, kesesuaian social channel, content sharing plan, budget, build- measurable-learn, instagram feature, dan guiding principles. Setelah pemaparan rangkaian materi tersebut, ada beberapa ajuan pertanyaan dari beberapa peserta webinar diantaranya dari Ruri Mabruri, Duwi Anggerani, Laila, M. Jefry, dan Vika Ariyani.
Pada hari kedua yaitu Selasa, 11 Agustus 2020 pukul 09.00-12.00 WIB, pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 40 orang audience dan 15 audience diantaranya dosen. Dosen yang hadir Dr. Ir. Jono M. Munandar sebagai Ketua PSIM; Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si; Ir. Nazaruddin, MM; Lindawati Kartika S.E, M.Si; Mokhamad Syaefudin Andrianto, S.TP, M.Si; Rindang Matoati, S.E, M.Sc; Rindah Febriana Suryawati, S.E, M.Acc., Ak, CA; Eka Desra Viana, S,E, M.Acc, Ak; Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, MM; Ace Sriati Rachman, M.Si; Siti Rahmawati, Nurul Hidayati, S.E, M.Si, Yumiati dan Ni Made Sulianderi.
Bapak Aidil Wicaksono Juniarto SE, MM dalam pelatihannya menyampaikan bahwa manfaat menggunakan digital marketing ada empat yaitu kita dapat sangat tertarget, terukur, kita juga dapat berinteraksi dua arah dan menghemat biaya. Tipe digital marketing selain social media juga ada search, content, email dan paid ads/PPC. Pembahasan lainnya yaitu tentang perbedaan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Beberapa tips yang beliau sampaikan yaitu tips posting foto, tips posting video, tips posting artikel, cara efektif skill komunikasi secara online dengan mudah dan penjelasan copywriting formula 4U (Useful, Urgent, Unique, Ultra-specific), PAS (Problem, Agitate, Solution), FAB (Feature, Advantage, Benefit).“Let’s create your formula!” Bapak Aidil mengajak para audience untuk melakukan praktik sesuai yang sudah dijelaskan.
Rangkaian materi yang disampaikan beliau di hari kedua pelatihan juga tidak kalah banyak. Social Media Marketing, Content Marketing, Email Marketing, PPC Marketing and Programmatic ADS, The Role of Digital Marketing in Consumer Journey, langkah untuk membuat strategi kampanye sebuah digital marketing, bagaimana menjadi digital marketers yang kreatif, Social Media Brand Voice dan Storytelling Element juga beliau jelaskan.