PPS 500/3(3-0)                                                     BAHASA INGGRIS

Mata kuliah ini mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa  dalam menggunakan Bahasa Inggris untuk dua ketrampilan: membaca dan menulis dalam konteks akademik

Gatot Widodo, S.Pd., M.Pd (Koordinator)

 

STK 511/3(3-0)                                                    ANALISIS STATISTIKA

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep dasar analisis Statistika dan menjelaskan beberapa  metode analisis statistika baik untuk data univariate maupun multivariate, yang dapat diterapkan pada berbagai bidang terapan, seperti Pertanian, Biologi, Sosial, Bisnis, dan sebagainya.  Topik-topik yang tercakup dalam mata kuliah ini adalah statistika dasar, konsep dasar metode penarikan sampel, analisis data perancangan percobaan, analisis korelasi dan regresi, analisis data kategorik, serta beberapa analisis data multivariate seperti analisis komponen utama dan analisis cluster.

 

MAN 509/3(3-0)                                   MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang batasan, konsep, dan elemen organisasi; struktur dan desain organisasi; kerangka konseptual untuk analisis teori organisasi; sistem organisasi industri; birokrasi, rasionalisasi dan teori organisasi; birokrasi, rasionalisasi dan teori organisasi; dimensi lingkungan dan organisasi; pengelolaan perubahan organisasi; pengelolaan konflik organisasi; pengambilan keputusan dalam organisasi; dan analisis masa depan dan pasca-modernisasi organisasi.

Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, M.M

Dr. Drs. Sukiswo Dirdjosuparto

Prof. Dr. Ir. Aida Vitayala Sjafri, M.Sc

 

MAN 507/3(3-0)                           METODOLOGI PENELITIAN MANAJEMEN   

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar penelitian ilmiah (scientific research) yang menjadi landasan dilakukannya analisis yang berhubungan dengan penerapan ilmu manajemen. Dengan mata kuliah ini  diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Thesis dan Publikasai Ilmiah. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, desain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan.

Dr. Mukhamad Najib, S.TP, M.M

 

MAN 602/3(3-0)                           PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJERIAL

Mata kuliah ini membahas teori dan praktik pengambilan keputusan manajerial dan teknik-teknik yang digunakan. Pembahasannya mencakup pentingnya pengambilan keputusan dalam organisasi, decision making behavior, multi-criteria decision making, sistem informasi dan teknologi, pengambilan keputusan berbasis risiko, Analytical Hierarrchy Process, Forecasting, Linear Programing, dan Structural Equation Model

Dr. rer. pol. Heti Mulyati, S.T.P., M.T

Prof. Dr. Ir. Marimin, M.Sc

Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP, M.Si

 

MAN 508/3(3-0)                           UKM DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Mata kuliah ini membahas manajemen UKM dan aspek-aspek mempertahankan dan mengembangkan UKM.  Topik yang dibahas meliputi peran UKM dalam ekonomi, memulai usaha, tantangan manajemen dalam menjalankan UKM, tahap kritis pertumbuhan, alternative pertumbuhan UKM, konglomerasi UKM, konsultansi UKM, waralaba, bisnis keluarga, masalah suksesi dan strategi bisnis UKM.

Dr. Ir. Ma’mun Sarma, M.S., M.Ec

Dr. Mukhamad Najib, STP, MM

 

MAN 603/3(3-0)                                              MANAJEMEN STRATEGIK

Mata kuliah ini membahas arah dasar organisasi dan pengambilan keputusan strategis berdasarkan faktor internal dan eksternal, implementasi dan evaluasi strategi yang dikaitkan dengan isu global, serta topik-topik khusus (analisis kasus).

Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, MS. Dipl. Ing,. DEA

Prof. Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto, M. Sc

Dr. Ir. Mimin Aminah, M.M

Dr. Ir. Jono M. Munandar, M.Sc

 

 

MAN 601/1(1-0)                                                        KOLOKIUM

Kolokium merupakan salah satu media komunikasi ilmiah bagi mahasiswa SPs-IPB untuk mengemukakan substansi dan permasalahan yang akan dijadikan subyek penelitian tesis/disertasi serta menambah wawasan keilmuan

Dosen Pembimbing

Dosen Moderator

 

MAN 604/1(1-0)                                                    PROPOSAL TESIS

Kurikulum program magister sains mencakup kewajiban penulisan naskah penelitian berupa tesis pada akhir masa studi. Format proposal tesis dibakukan dengan tatacara yang terdapat di dalam buku Pedoman Penyajian Karya Tuli s Ilmiah. SPs mempunyai wewenang untuk menilai proposal tesis setiap mahasiswa SPs, terutaman terhadap format dan bahasanya.

Dosen Pembimbing

 

 

MAN 605/2(2-0)                                                     PUBLIKASI ILMIAH

Mahasiswa pada program magister sains diwajibkan mempunyai minimal 1 (satu) publikasi ilmiah yang terkait dengan penelitian tesisnya di jurnal yang terakreditasi nasional atau internasional sebagai syarat untuk melaksanakan ujian tesis.

Dosen Pembimbing

 

PPS 690/1(1-0)                                                                  SEMINAR

Seminar merupakan penyajian hasil-hasil penelitian (tesis/disertasi) dalam suatu forum ilmiah SPs untuk mendiseminasikan hasil penelitian, baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis atau disertasi, menambah wawasan ilmiah dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah

Dosen Pembimbing

Dosen Moderator

 

MAN 607/1(1-0)                                                            UJIAN TESIS

Ujian tesis merupakan evaluasi akhir setelah program mahasiswa program magister melakukan kegiatan penelitian, penulisan tesis dan seminar

Dosen Pembimbing

Dosen Penguji

 

MAN 608/5(5-0)                                                                   TESIS

Kurikulum program magister sains mencakup kewajiban penulisan naskah penelitian berupa tesis pada akhir masa studi. Format tesis dibakukan dengan tatacara yang terdapat di dalam buku Pedoman Penyajian Karya Tulis Ilmiah. SPs mempunyai wewenang untuk menilai tesis setiap mahasiswa SPs, terutaman terhadap format dan bahasanya. Tesis harus diserahkan ke SPs selambat-lambatnya 3 bulan setelah ujian dilaksanakan.

Dosen Pembimbing

 

MAN 513/3(3-0)                              MANAJEMEN KEUANGAN KORPORASI

Mata kuliah ini membahas dan memberikan pemahaman tentang teori-teori yang melandasi manajemen keuangan korporasi, yang meliputi Efficient Capital Market Theory, Capital Structure and the Cost of Capital, kebijakan dividen, Merger, Akuisisi dan Divestasi, Restrukturisasi dan Corporate Governance, serta Theory of the Firm and Corporate Control.

Dr. Wita Juwita Ermawati, S.TP, MM

 

MAN 514/3(3-0)                                         MANAJEMEN PERBANKAN

Mata kuliah ini membahas konsep, metode dan teori yang mendasari keberadaan lembaga keuangan bank dan penerapannya untuk riset di bidang kelembagaan dan kinerja keuangan.

Dr. Ir. Budi Purwanto, ME

 

MAN 611/3(3-0)                                           MANAJEMEN INVESTASI

Mata kuliah ini membahas dan memberikan pemahaman tentang teori dan konsep yang melandasi manajemen investasi, yang meliputi capital markets, konsumsi dan investasi; investment decision, investment value, market price, dan valuation; portfolio selection dan portfolio analysis; Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory (APT); investment management dan portfolio performance evaluation; behavioral finance, serta event study.

Dr. Wita Juwita Ermawati, S.TP, MM

 

MAN 612/3(3-0)                                   MANAJEMEN RISIKO KEUANGAN

Mata kuliah ini membahas risiko-risiko keuangan perusahaan, mulai dari pembatasan dan identifikasi risiko yang berdampak pada nilai aset perusahaan, pengukuran dan valuasinya, serta penerapannya pada riset di bidang keuangan.

Dr. Ir. Budi Purwanto, ME

Dr. rer. pol. Heti Mulyati, STP, MT

 

MAN 522/3(3-0)                                             PERILAKU PELANGGAN

Customer Behavior studies how Consumers, Marketers, and Technology are interacted, factors influencing the Consumer as an Individual, the relationship between Communication and Consumer Behavior, how consumer behaves in their Social and Cultural Settings, the process of Consumer Decision-Making and its relationship with Marketing Ethics.

Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc

Dr. Ir Lilik Noor Yulianti, M.FS.A

Dr. Irni Rahmayani Johan, S.P., M.M

Dr. Megawati Simanjuntak, S.P., M.M

 

MAN 523/3(3-0)                                           PEMASARAN STRATEGIK

Mata kuliah ini membahas tentang peran pemasaran strategik sebagai bagian dari strategi korporasi dan strategi bisnis, analisis kasus-kasus strategi pemasaran, formulasi, implementasi dan kontrol strategi pemasaran.

Dr. Ir. Jono M. Munandar, M.Sc

 

MAN 621                                                   STRATEGI DISTRIBUSI DAN RITEL

Mata kuliah ini memberikan kemampuan menganalisis dan mengelola saluran distribusi dan retail sebagai salah satu saluran distribusi yang menghubungkan langsung produk-produk perusahaan dengan konsumen akhir. Dalam perkuliahan ini akan dibahas mengenai arti penting saluran distribusi dalam pemasaran, termasuk strategi yang dapat dikembangkan perusahaan dalam menyalurkan produk-produknya. Perkuliahan ini juga membahas bagaimana strategi mengelola ritel yang kompetitif ditengah situasi persaingan yang semakin tinggi tingkat intensitasnya.

Dr. Mukhamad Najib, S.TP., M.M

 

MAN 625/3(3-0)                   KOMUNIKASI PEMASARAN DAN MANAJEMEN MERK

Mata kuliah ini membahas  peran komunikasi pemasaran dalam perusahaan untuk mensukseskan tujuan perusahaan, strategi komunikasi pemasaran dan  manajemen  merk  meliputi cara pengelolalan merk, tujuh  pendekatan merk dan taksonomi merk.

Dr. Ir. Ma’mun Sarma, M.S., M.Ec

Dr. Ir Jono Minarto Munandar, M.Sc

 

MAN 531/3(3-0)                                                MANAJEMEN OPERASI

Mata kuliah ini membahas teori dan praktek manajemen operasi untuk menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing dan berkelanjutan. Pembahasannya mencakup pengenalan manajemen operasi dan revolusi industri, lean dan green production, desain produk, strategi proses, perencanaan kapasitas, penentuan lokasi, tata letak, pengelolaan persediaan, material requirement planning, penjadwalan produksi, dan pengukuran kerja.

Dr.rer.pol. Heti Mulyati, S.TP, MT

Prof. Dr. Ir. Musa Hubeis, MS. Dipl.Ing., DEA

Dr. Eko Rudi Cahyadi, S. Hut, MM

Dr. Alim Setiawan Slamet, S.T.P., M.Si

 

MAN 532/3(3-0)                                    MANAJEMEN MUTU DAN INOVASI    

Mata kuliah ini diberikan untuk membekali mahasiswa agar mampu membahas konsep mutu, sistem dan manajemen mutu beserta perangkat analisis mutu di bidang produksi maupun jasa.

Dr. Alim Setiawan Slamet, S.T.P., M.Si

Dr.rer.pol. Heti Mulyati, S.TP, MT

Prof. Dr. Ir. Musa Hubeis, MS. Dipl.Ing., DEA

Dr. Eko Rudi Cahyadi, S. Hut, MM

 

MAN 634/3(3-0)                                    MANAJEMEN PROYEK TERPADU

Mata kuliah ini membahas mengenai ilmu manajemen proyek, pendekatan sistem dan model, perangkat analisis kelayakan skala usaha dan pengelolaan proyek dalam arti luas di bidang produksi maupun jasa.

Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M

 

MAN 635/3(3-0)                                        MANAJEMEN RANTAI PASOK

Mata kuliah ini membahas mengenai ilmu manajemen rantai pasok, strategi rantai pasok, network design, Distribution network option, sourcing decision, Cycle inventory, transportation, warehousing, sustainable dan global supply chain

Dr. rer.pol Heti Mulyati, S.TP, M.T

 Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M

 

MAN 541/3(3-0)                                 STRATEGI DAN PENGEMBANGAN SDM

Mata kuliah strategi dan pengembangan SDM, membahas konsep-konsep human capital management, strategic HCM, akuisisi kapabilitas SDM, analisis dan desain pekerjaan, manajemen strategi SDM, model kompetensi, pelatihan dan pembelajaran, manajemen talenta dan suksesi, serta sistem kompensasi

Prof. Dr. Ir. Syamsul Ma’arif, M. Eng

Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, M.M

 

MAN 542/3(3-0)                                          MANAJEMEN KINERJA SDM

Mata kuliah ini membahas batasan, konsep dan elemen manajemen kinerja; Sistem manajemen kinerja; Metode penilaian kinerja; wawancara manajemen kinerja, manajemen kinerja berbasis kompentensi, perencanaan kinerja berbasis kompentesi, pengelolaan kinerja berbasis kompentensi, penilaian kinerja berbasis kompentensi; penghargaan kinerja berbasis kompentensi.

Prof. Dr. Ir. Syamsul Ma’arif, M. Eng

Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, M.M

 

MAN 645                                                         MANAJEMEN PENGETAHUAN

Setelah mengikuti mata kuliah manajemen pengetahuan, mahasiswa memahami konsep-konsep pengetahuan sebagai sumber keunggulan kompetetif, proses-proses penciptaan pengetahuan dalam organisasi, peran dan manfaat penerapan manajemen pengetahuan  dalam organisasi, bagaimana membangun organisasi pembelajar dan dukungan teknologi bagi keberhasilan penerapan manajemen pengetahuan. Metode-metode pengukuran kinerja penerapan manajemen pengetahuan serta riset-riset dalam ranah manajemen pengetahuan

Dr. Ir Anggraini Sukmawati M.M

Dr. Elisa Anggraeni, S.T.P., M.Sc.

 

MAN 646                           MANAJEMEN PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI

Setelah mengikuti mata kuliah Manajemen Perubahan Organisasi dan Inovasi, mahasiswa memahami kerangka konseptual dan praktikal terkait dengan desain, implementasi dan evaluasi perubahan dan pengembangan organisasi yang efektif dalam konteks strategi organisasi, serta faktor-faktor kunci kesuksesan implementasi perubahan dan strategi menuju organisasi yang peka terhadap tuntutan inovasi.

Dr. Ir. Aggraini Sukmawati, M.M

Prof. Dr. Ir. Mohamad Syamsul Maarif, M.Eng