PPS1503/3(3-0) Bahasa Inggris
Mata kuliah ini mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan Bahasa Inggris untuk dua keterampilan: membaca dan menulis dalam konteks akademik
Gatot Widodo, S.Pd., M.Pd. (Koordinator)
MAN1507/3(3-0) Metodologi Penelitian Manajemen
Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar penelitian ilmiah (scientific research) yang menjadi landasan dilakukannya analisis yang berhubungan dengan penerapan ilmu manajemen. Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Thesis dan Publikasai Ilmiah. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan.
Dr. Mukhamad Najib, S.TP, M.M
Perwakilan masing-masing divisi
MAN505/2(2-0) Manajemen dan Kepemimpinan
Memberikan pengetahuan dasar manajemen dan kepemimpinan. Fungsi manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, leading dan pengendalian serta membahas pola-pola kepemimpinan dan mengendalikan perubahan yang berpengaruh dalam aspek manajemen.
Dr. Ir. Jono M. Munandar, M.Sc
MAN506/2(2-0) UKM dan Pembangunan Berkelanjutan
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan analisis kepada mahasiswa mengenai peran UMKM dan pembangunan berkelanjutan. Topik yang dibahas meliputi peran UKM dalam ekonomi, memulai usaha, tantangan manajemen dalam menjalankan usaha, konglomerasi usaha, konsultansi usaha, waralaba, bisnis keluarga, masalah suksesi dan strategi bisnis UMKM. Pembangunan berkelanjutan akan membahas tujuan pembangunan manusia mempertahankan kemampuan sistem alam untuk menyediakan sumber daya alam dan jasa ekosistem yang menjadi sandaran ekonomi dan masyarakat dan juga dibahas tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs) yang relevan dengan mata kuliah ini.
Dr. Ir. Ma’mun Sarma, M.Sc, M.Ec
Dr. Mukhamad Najib, S.TP, M.M
STA1513/3(2-2) Statistika untuk Bisnis, Ekonomi dan Industri
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan landasan tentang statistika yang berguna dalam penelitian di bidang bisnis, ekonomi dan industri. Materi meliputi metode pengumpulan data, pemodelan dan analisis data, prinsip pendugaan parameter dan pengujian hipotesis satu populasi serta dua populasi. Untuk pengumpulan data ditekankan pada percontohan (sampling), khususnya percontohan yang sering dilakukan dalam bisnis, ekonomi dan industri seperti contoh acak sederhana (simple random sample), contoh berstrata (stratified sample), contoh bertahap (multistage sample), serta contoh tak-berpeluang (non-probaility sampling), sedangkan untuk analisis ditekankan pada analisis regresi, analisis deret waktu dan peramalan, pengendalian mutu dan statistika non-parametrik. Metode pembelajaran ditekankan pada learning from data yang diintegrasikan dengan penggunaan program kemasan statistika (statistical package program).
Dr. Bagus Sartono, M.Si
Dr. Ir. Anik Djuraidah, M.Si
Dr. Ir. I Made Sumertajaya, M.Si
MAN1609/2(2-0) Manajemen Strategik
Mata kuliah ini membahas arah dasar organisasi dan pengambilan keputusan strategis berdasarkan faktor internal dan eksternal, implementasi dan evaluasi strategi yang dikaitkan dengan isu global, serta topik-topik khusus (analisis kasus).
Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, MS. Dipl. Ing,. DEA
Prof. Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto, M. Sc
Dr. Ir. Mimin Aminah, M.M
Dr. Ir. Jono M. Munandar, M.Sc
MAN150M/2(2-0) Pengambilan Keputusan Manajerial
Mata kuliah ini membahas teori dan praktik pengambilan keputusan manajerial dan teknik-teknik yang digunakan. Pembahasannya mencakup pentingnya pengambilan keputusan dalam organisasi, decision making behavior, multi-criteria decision making, sistem informasi dan teknologi, pengambilan keputusan berbasis risiko, Analytical Hierarrchy Process, Forecasting, Linear Programing, dan Structural Equation Model.
Dr. rer. pol. Heti Mulyati, S.T.P., M.T
Prof. Dr. Ir. Marimin, M.Sc
Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP, M.Si
MAN160N/3(3-0) Kapitaselekta/ international exposure
Mata kuliah ini berisi pengayaan kompetensi ilmu manajemen, pengembangan diri dan wawasan internasional yang diperoleh mahasiswa dari luar prodi, dapat berupa international conference, seminar, international field trip, research attachment, lomba berskala nasional/ internasional dan lain-lain.
Enrichment course (EC)
MAN1591/1(1-0) Kolokium
Merupakan salah satu media komunikasi ilmiah bagi mahasiswa SPs-IPB untuk mengemukakan substansi dan permasalahan yang akan dijadikan subyek penelitian tesis/disertasi serta menambah wawasan keilmuan.
Dosen Pembimbing
Dosen Moderator
MAN1691/2(2-0) Proposal Tesis
Kurikulum program magister sains mencakup kewajiban penulisan naskah penelitian berupa tesis pada akhir masa studi. Format proposal tesis dibakukan dengan tatacara yang terdapat di dalam buku Pedoman Penyajian Karya Tulis Ilmiah. SPs mempunyai wewenang untuk menilai proposal tesis setiap mahasiswa SPs, terutaman terhadap format dan bahasanya.
Dosen Pembimbing
PPS1692/2(2-0) Publikasi Ilmiah
Mahasiswa pada program magister sains diwajibkan mempunyai minimal 1 (satu) publikasi ilmiah yang terkait dengan penelitian tesisnya di jurnal yang terakreditasi nasional atau internasional sebagai syarat untuk melaksanakan ujian tesis.
Dosen Pembimbing
PPS1691/1(1-0) Seminar Tesis
Merupakan penyajian hasil-hasil penelitian tesis dalam suatu forum ilmiah SPs untuk mendiseminasikan hasil penelitian, baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis atau disertasi, menambah wawasan ilmiah dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah.
Dosen Pembimbing
Dosen Moderator
MAN1692/2(2-0) Ujian Tesis
Merupakan evaluasi akhir setelah program mahasiswa program magister melakukan kegiatan penelitian, penulisan tesis dan seminar.
Dosen Pembimbing
Dosen Penguji
MAN1693/(6(6-0) Tesis
Kurikulum program magister sains mencakup kewajiban penulisan naskah penelitian berupa tesis pada akhir masa studi. Format tesis dibakukan dengan tatacara yang terdapat di dalam buku Pedoman Penyajian Karya Tuls Ilmiah. SPs mempunyai wewenang untuk menilai tesis setiap mahasiswa SPs, terutaman terhadap format dan bahasanya. Tesis harus diserahkan ke SPs selambat-lambatnya 3 bulan setelah ujian dilaksanakan.
Dosen Pembimbing
MAN1543/2(2-0) Strategi dan Pengembangan SDM
Mata kuliah strategi dan pengembangan SDM, membahas konsep-konsep human capital management, strategic HCM, akuisisi kapabilitas SDM, analisis dan desain pekerjaan, manajemen strategi SDM, model kompetensi, pelatihan dan pembelajaran, manajemen talenta dan suksesi, serta sistem kompensasi.
Prof. Dr. Ir. Syamsul Ma’arif, M. Eng
Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, M.M
MAN1544/2(2-0) Manajemen Kinerja
Mata kuliah ini membahas batasan, konsep dan elemen manajemen kinerja; Sistem manajemen kinerja; Metode penilaian kinerja; wawancara manajemen kinerja, manajemen kinerja berbasis kompentensi, perencanaan kinerja berbasis kompentesi, pengelolaan kinerja berbasis kompentensi, penilaian kinerja berbasis kompentensi; penghargaan kinerja berbasis kompentensi.
Prof. Dr. Ir. Syamsul Ma’arif, M. Eng
Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, M.M
MAN1545/2(2-0) Manajemen Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah manajemen pengetahuan, mahasiswa memahami konsep-konsep pengetahuan sebagai sumber keunggulan kompetetif, proses-proses penciptaan pengetahuan dalam organisasi, peran dan manfaat penerapan manajemen pengetahuan dalam organisasi, bagaimana membangun organisasi pembelajar dan dukungan teknologi bagi keberhasilan penerapan manajemen pengetahuan. Metode-metode pengukuran kinerja, penerapan manajemen pengetahuan serta riset-riset dalam ranah manajemen pengetahuan.
Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, M.M
Dr. Elisa Anggraeni, S.T.P, M.Sc
MAN1546/2(2-0) Manajemen Perubahan Organisasi dan Inovasi
Setelah mengikuti mata kuliah Manajemen Perubahan Organisasi dan Inovasi, mahasiswa memahami kerangka konseptual dan praktikal terkait dengan desain, implementasi dan evaluasi perubahan dan pengembangan organisasi yang efektif dalam konteks strategi organisasi, serta faktor-faktor kunci kesuksesan implementasi perubahan dan strategi menuju organisasi yang peka terhadap tuntutan inovasi.
Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, M.M
Prof. Dr. Ir. Syamsul Ma’arif, M. Eng
MAN1518/2(2-0) Manajemen Risiko Keuangan
Membahas risiko-risiko keuangan perusahaan, mulai dari pembatasan dan identifikasi risiko yang berdampak pada nilai aset perusahaan, pengukuran dan valuasinya, serta penerapannya pada riset di bidang keuangan.
Dr. Ir. Budi Purwanto, ME
Dr. rer. pol. Heti Mulyati, STP, MT
MAN1524/2(2-0) Komunikasi Pemasaran dan Manajemen Merk
Mata kuliah ini membahas peran komunikasi pemasaran dalam perusahaan untuk mensukseskan tujuan perusahaan, strategi komunikasi pemasaran dan manajemen merk meliputi cara pengelolalan merk, tujuh pendekatan merk dan taksonomi merk.
Dr. Ma’mun Sarma, M.S, M.Ec
Dr. Ir. Jono M. Munandar, M.Sc
MAN1525/2(2-0) Strategi Distribusi dan Ritel
Memberikan kemampuan menganalisis dan mengelola saluran distribusi dan retail sebagai salah satu saluran distribusi yang menghubungkan langsung produk-produk perusahaan dengan konsumen akhir. Dalam perkuliahan ini akan dibahas mengenai arti penting saluran distribusi dalam pemasaran, termasuk strategi yang dapat dikembangkan perusahaan dalam menyalurkan produk-produknya. Perkuliahan ini juga membahas bagaimana strategi mengelola ritel yang kompetitif ditengah situasi persaingan yang semakin tinggi tingkat intensitasnya.
Dr. Mukhamad Najib, S.T.P, MM
MAN1526/2(2-0) Perilaku Pelanggan
Perilaku Pelanggan mempelajari bagaimana Konsumen, Pemasar, dan Teknologi berinteraksi, faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumen sebagai Individu, hubungan antara Komunikasi dan Perilaku Konsumen, bagaimana konsumen berperilaku dalam Pengaturan Sosial dan Budaya mereka, proses Pengambilan Keputusan Konsumen dan hubungannya dengan Etika Pemasaran.
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
Dr. Ir Lilik Noor Yulianti, M.FS.A
Dr. Irni Rahmayani Johan, S.P., M.M
Dr. Megawati Simanjuntak, S.P., M.M
MAN1527/2(2-0) Pemasaran Strategik
Mata kuliah ini membahas tentang peran pemasaran strategik sebagai bagian dari strategi korporasi dan strategi bisnis, analisis kasus-kasus strategi pemasaran, formulasi, implementasi dan kontrol strategi pemasaran.
Dr. Ir. Jono M. Munandar, M.Sc
MAN1533/2(2-0) Manajemen Operasi
Mata kuliah ini membahas teori dan praktek manajemen operasi untuk menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing dan berkelanjutan. Pembahasannya mencakup pengenalan manajemen operasi dan revolusi industri, lean dan green production, desain produk, strategi proses, perencanaan kapasitas, penentuan lokasi, tata letak, pengelolaan persediaan, material requirement planning, penjadwalan produksi, dan pengukuran kerja.
Dr. rer. pol. Heti Mulyati, STP, MT
Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, MS. Dipl. Ing,. DEA
Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut, MM
Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP, M.Si
MAN1534/2(2-0) Manajemen Mutu dan Inovasi
Mata kuliah ini diberikan untuk membekali mahasiswa agar mampu membahas konsep mutu, sistem dan manajemen mutu beserta perangkat analisis mutu di bidang produksi maupun jasa.
Dr. rer. pol. Heti Mulyati, STP, MT
Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, MS. Dipl. Ing,. DEA
Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut, MM
Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP, M.Si
MAN1535/2(2-0) Manajemen Rantai Pasok dan Logistik
Mata kuliah ini membahas mengenai ilmu manajemen rantai pasok, strategi rantai pasok, network design, Distribution network option, sourcing decision, Cycle inventory, transportation, warehousing, sustainable dan global supply chain.
Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M
Dr. rer.pol Heti Mulyati, S.TP, M.T
MAN1536/2(2-0) Manajemen Proyek Terpadu
Mata kuliah ini membahas mengenai ilmu manajemen proyek, pendekatan sistem dan model, perangkat analisis kelayakan skala usaha dan pengelolaan proyek dalam arti luas di bidang produksi maupun jasa.
Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M
Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, MS. Dipl. Ing,. DEA
MAN1553/2(2-0) Manajemen Inovasi dan Digital
Mata kuliah ini memberikan pemahaman komprehensif tentang manajemen inovasi dan digital dengan mengintergasikan peran teknologi, pasar, dan organisasi sehingga mampu menghasilkan inovasi yang unggul. Dalam mata kuliah dipelajari konsep inovasi, tipe-tipe inovasi, dilema inovator, studi kasus keberhasilan dan kegagalan inovasi, difusi inovasi, ekosistem inovasi dan digital, transformasi digital pada bisnis, komersialisasi riset dan inovasi, serta pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual. Mahasiswa akan merancang, melaksanakan dan mempresentasikan proyek inovasi riil di akhir kuliah.
Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M
MAN1551/2(2-0) Pemasaran Digital
Mata kuliah ini menjelaskan mengenai pemasaran digital meliputi konsep, strategi dan alat yang diperlukan untuk mengembangkan strategi pemasaran digital yang tepat untuk lingkungan pasar yang dinamis. Mata kuliah ini mencakup Pengantar pemasaran digital, Model digital, Digital customers, Social media marketing, Designing digital experiences, Traffic building, Customer lifecycle communications and CRM, Managing digital marketing dan perencanaan digital marketing.
Dr. Yani Nurhadryani, S.Si ., M.T.
MAN1552/2(2-0) Rantai Pasok dan Operasi Digital
Menganalisis faktor-faktor yang terlibat dalam transformasi digital hubungan rantai pasokan. Mengembangkan pemahaman mendalam tentang perspektif, peran, dan keputusan pemangku kepentingan terkait dalam mentransformasi rantai pasokan di era digital. Meliputi kemampuan rantai pasokan digital (Visibility, Agility, Collaboration, Omnichannel), peran teknologi (Blockchain, IoT, AI, Digital Twins), proses dan organisasi, serta platform dan kinerja digital. Membahas studi kasus yang relevan tentang rantai pasokan yang diubah secara digital, yang mencakup topik keunggulan kompetitif jangka panjang dari studi kasus yang berhasil, melalui operasi dan peningkatan nilai digital. Termasuk presentasi, pembicara eksekutif tamu, simulasi, proyek tim dan diskusi kasus, dan experiential learning.
Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP, M.Si
MAN554/2(2-0) Manajemen Produk dan Harga
Mata kuliah ini diberikan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan pengetahuan mengenai konsep dasar teoritis dan tahapan-tahapan dalam pengembangan produk dan strategi penetapan harga sehingga dapat melakukan integrasi strategi bauran pemasaran pada suatu organisasi.
Dr. Ir. Jono M. Munandar, M.Sc
MAN1515/2(2-0) Keuangan dan Perbankan Digital
Penggunaan ekonomi mikro perbankan untuk riset keuangan perbankan dalam transformasi digital. Perbankan tradisional dianggap telah mencapai era peluruhan cepat, membutuhkan transformasi – dan dengan demikian juga riset – untuk mempertimbangkan disrupsi teknologi informasi digital namun tetap membutuhkan kerangka teoritis yang kuat khususnya dari teori-teori intermediasi.
Dr. Wita Juwita Ernawati, S.T.P., M.M.
MAN1516/2(2-0) Keuangan dan Tatakelola Korporasi
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk dapat memahami, menerapkan, dan menguji konsep-konsep manajemen keuangan korporasi dan tatakelola, khususnya untuk keputusan investasi dan keputusan pendanaan. Konsep-konsep yang perlu dikuasai meliputi konsep pasar modal, konsumsi, dan investasi; model keseimbangan pasar; capital budgeting; hipotesis efisiensi pasar modal; asimetri informasi dan teori keagenan; peran CFO dan pengukuran kinerja; keputusan pendanaan; struktur modal dan biaya modal; kebijakan dividen; serta kontrol perusahaan dan tatakelola.
Dr. Wita Juwita Ernawati, S.T.P., M.M.
MAN1517/2(2-0) Manajemen Investasi dan Portofolio
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk dapat memahami, menganalisis, dan menerapkan konsep-konsep manajemen investasi dan portofolio, khususnya untuk teori portofolio dan keuangan keperilakuan dalam konteks investasi. Konsep-konsep yang perlu dikuasai meliputi teori portofolio; keseimbangan pasar modal; analisa sekuritas; applied portfolio management; keuangan keperilakuan, serta bias yang terjadi dalam pengambilan keputusan investasi.
Dr. Wita Juwita Ernawati, S.T.P., M.M.